Kesehatan Wanita

Kapan Bisa Haid Kembali Setelah Keguguran?

August 26, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Keguguran dapat memengaruhi menstruasi atau haid seorang wanita. Keguguran sendiri dapat menunda haid pertama kamu sesudahnya, hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon dalam tubuh sejak masa kehamilan.

Lantas, kapan dapat haid kembali setelah keguguran? Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: 6 Masalah Kesehatan yang Mengancam Wanita dengan Payudara Besar

Kapan bisa haid kembali setelah keguguran?

Pada dasarnya, kembalinya haid atau menstruasi setelah keguguran adalah pertanda bahwa kamu telah pulih secara fisik dan tubuh dapat berfungsi secara normal.

Dikutip dari laman Healthline, kebanyakan wanita yang mengalami keguguran dapat kembali mengalami haid empat hingga enam minggu kemudian. Akan tetapi, waktu yang tepat dapat bervariasi pada masing-masing wanita. Hal tersebut bergantung pada kondisi tubuh wanita.

Di samping itu, terdapat beberapa faktor yang dikatakan dapat memengaruhi kapan seorang wanita dapat kembali haid setelah keguguran, ini termasuk:

1. Wanita dapat haid kembali setelah mengalami keguguran lengkap

Keguguran lengkap dapat berarti semua jaringan kehamilan sudah luruh dari rahim, baik secara alami ataupun melalui prosedur tertentu. Selain itu, haid tidak akan kembali normal hingga semua jaringan kehamilan telah luruh.

2. Seberapa jauh kehamilan

Human chorionic gonadotropin (hCG) dapat meningkat saat kehamilan berlanjut. Semakin jauh usia kehamilan, maka semakin tinggi pula kadar hCG.

Apabila kamu berada di akhir trimester pertama atau di trimester kedua saat mengalami keguguran, akan membutuhkan waktu lebih lama agar kadar hCG kembali ke nol dan haid kembali normal.

Sebagai informasi, hCG adalah hormon yang terbentuk di dalam tubuh selama kehamilan yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan janin.

3. Apakah memiliki menstruasi teratur atau tidak

Faktor ini juga berpengaruh. Sebab, haid yang dialami mungkin saja akan seperti sebelum mengalami kehamilan. Misalnya saja, jika kamu memiliki haid yang tidak teratur sebelumnya, maka kemungkinan kamu juga akan mengalami haid yang tidak teratur kembali.

Hal tersebut dapat berarti bahwa mungkin dibutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk mengalami haid kembali setelah keguguran.

Baca juga: Haid Tidak Berhenti Selama 2 Minggu? Ini Dia Penyebabnya!

Tanda-tanda haid setelah keguguran

Pada saat keguguran, tubuh mencoba untuk mengeluarkan isi rahim melalui vagina. Ini dapat menyebabkan seorang wanita mengalami rasa sakit atau kram di perut atau punggung bagian bawah.

Tak hanya itu, hal ini juga dapat memungkinkan seorang wanita mengalirkan darah melalui vagina dengan disertai cairan dan jaringan. Beberapa dari semua gejala tersebut dapat berlangsung hanya dalam kurun waktu beberapa hari hingga minggu.

Namun yang perlu diketahui adalah keguguran berbeda dari rasa sakit sesekali dan spotting yang dialami oleh wanita selama kehamilan dan periode haid mereka.

Dilansir dari Very Well Family, bagi sebagian wanita, haid yang datang kembali setelah keguguran tidak terasa berbeda dengan haid dari periode yang biasanya terjadi. Akan tetapi, sebagian wanita mungkin saja mengalami beberapa perubahan, ini dapat termasuk:

  • Darah yang lebih kental akibat aliran yang lebih berat
  • Keputihan dengan bau yang kuat
  • Perdarahan yang lebih berat atau lebih ringan
  • Haid yang berlangsung lebih lama dari biasanya
  • Haid yang terasa lebih menyakitkan
  • Payudara terasa lebih lembut.

Tak hanya gejala fisik saja, seorang wanita juga dapat mengalami gejala emosional yang disebabkan oleh fluktuasi hormonal dan kesedihan akibat keguguran yang terjadi.

Mengapa haid dapat berbeda?

Perlu kamu ketahui bahwa dibutuhkan waktu satu bulan atau lebih bagi tubuh untuk benar-benar pulih dari keguguran.

Ketika kamu hamil, hormon tubuh mengalami perubahan besar. Hormon tersebut membutuhkan waktu untuk kembali ke tingkat sebelum masa kehamilan, sebelum tubuh mengalami haid kembali.

Maka dari itu, sebagian wanita mungkin saja mengalami haid yang tampak seperti tidak biasa.

Meskipun demikian, jika kamu terus mengalami haid yang tidak biasa selama beberapa siklus atau jika kamu mengalami nyeri yang berlangsung parah atau masalah lainnya, kamu harus segera menghubungi dokter.

Tak hanya itu, kamu juga harus segera menghubungi dokter jika kamu tidak kunjung mendapatkan haid kembali selama lebih dari dua atau tiga bulan sejak keguguran.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai haid kembali setelah keguguran. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait dengan hal ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 25 Agustus 2021. What to Know About Your First Period After a Miscarriage 

Kompas.com (2021). Diakses pada 25 Agustus 2021. Setelah Keguguran, Kapan Bisa Haid Lagi? 

Very Well Family (2020). Diakses pada 25 Agustus 2021. Miscarriage and the Return of Your Period 

What to Expect (2020). Diakses pada 25 Agustus 2021. Your First Period After a Pregnancy Loss 

 

    register-docotr