Kesehatan Seksual

Konsumsi Torpedo Kambing Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria, Benarkah Demikian?

February 24, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Negara-negara di Asia termasuk Indonesia memang dikenal punya berbagai jenis bahan unik yang kerap digunakan sebagai metode pengobatan alternatif. Salah satunya dengan mengonsumsi torpedo kambing.

Ya, torpedo kambing konon diyakini dapat meningkatkan libido pada pria. Tapi apa benar torpedo kambing bisa tingkatkan vitalitas kaum adam?

Bagian tubuh hewan populer sebagai santapan untuk tingkatkan libido

Tak hanya torpedo kambing, berbagai jenis macam penis hewan kerap disajikan di berbagai negara. Mulai dari penis keledai, kambing, anjing, banteng, rusa, hingga harimau. Semuanya diklaim memiliki manfaat untuk vitalitas pria.

Melansir Insider, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah untuk klaim semacam itu. Namun di seluruh Asia ada berbagai versi yang datang dengan kebanggaan serupa. Termasuk torpedo kambing yang masyarakat Indonesia percaya sebagai makanan peningkat vitalitas.

Kandungan gizi torpedo kambing

Torpedo kambing diklaim memiliki manfaat untuk meningkatkan libido pria karena kandungan testosteron di dalamnya.

Melansir Dr Health Benefit, selain kandungan testosteron, torpedo kambing juga disebut-sebut memiliki beberapa kandungan lain seperti di antaranya:

  • Protein
  • Zat besi
  • Vitamin B12
  • Fosfor
  • Selenium

Namun kamu harus waspada karena daging kambing termasuk daging merah yang tinggi akan lemak. Lemak dalam daging hewan biasanya merupakan jenis lemak jenuh yang mengandung Low Density Lipoprotein (LDL) alias lemak jahat.

Lemak jahat ini berpotensi menaikkan kadar kolesterol dan menyebabkan kolesterol tinggi. Tingginya lemak jahat ini bisa memicu penumpukan di pembuluh darah baik di jantung maupun otak. 

Baca Juga : Manfaat Susu Kambing: Bisa Turunkan Risiko Jantung dan Jaga Metabolisme

Klaim manfaat torpedo kambing

Berkat kandungan di dalamnya itu, torpedo kambing diklaim memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Di antaranya:

  • Memperbaiki sel tubuh yang rusak. Kandungan protein tinggi pada torpedo kambing memiliki fungsi sebagai pembangun sel. 
  • Sumber energi. Kandungan kalori, lemak dan protein yang tinggi pada torpedo kambing merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Membentuk otot. Protein dalam khasiat penis kambing merupakan yang terbesar dibanding hewan lainnya. Dan protein merupakan zat yang sangat penting untuk pembentukan otot. 
  • Cegah anemia. Kandungan zat besi pada penis kambing memang tidak sebanyak jika dibandingkan dengan bagian tubuh kambing lainnya. 
  • Tingkatkan imun tubuh. Zat besi pada penis kambing juga memiliki fungsi untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.
  • Lawan radikal bebas. Torpedo kambing mengandung antioksidan yakni selenium. Antioksidan berperan dalam melawan paparan radikal bebas.
  • Menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin B12 atau riboflavin pada kambing diketahui baik untuk kesehatan mata.
  • Menjaga sistem saraf. Daging kambing mengandung vitamin B12 yang merupakan nutrisi penting untuk sistem saraf.
  • Baik untuk kesehatan tulang. Protein tinggi pada torpedo kambing selain berfungsi sebagai agen pembangun sel juga merupakan asupan nutrisi penting untuk kesehatan tulang

Baca Juga : Bagus bagi Vitalitas, Simak Manfaat Brotowali

Benarkah torpedo kambing bisa tingkatkan vitalitas pria?

Melansir Antara, Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam Sp.PD-KGEH menyebut bahwa ini masih sebuah mitos.

Torpedo kambing tinggi akan testosteron yang dapat meningkatkan libido atau gairah seksual, tetapi naiknya gairah seksual ini bisa disebabkan oleh banyak faktor dan bukan hanya dari makanan.

Bisa saja orang yang baru saja mengonsumsi torpedo kambing memiliki sugesti dan yakin jika libidonya meningkat. Akhirnya sugesti ini yang menyebabkan gairah seksualnya meningkat, bukan karena konsumsi torpedo kambingnya.

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Cara Alami Meningkatkan Hormon Testosteron

Penis hewan mungkin punya kandungan nutrisi yang baik

Melansir Express, ahli gizi Tom Irving menyebut makanan-makanan unik seperti penis hewan ini mungkin penuh nutrisi yang baik untuk tubuh.

Meskipun strukturnya adalah pembuluh darah dan trabekula yang terjalin dari otot polos dan jaringan ikat, nutrisi utama yang didapatkan utamanya yakni protein.

Ia juga menyebut penis ini mengandung kolagen yang berguna untuk kesehatan kulit. Namun kembali lagi, belum ada bukti ilmiah kalau penis atau torpedo hewan terbukti meningkatkan vitalitas pria.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar keamanan konsumsi penis hewan? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Insider. Diakses pada 22 Februari 2021. Here’s What Men in Asia Eat To Boost Their Libidos

Dr Health Benefit. Diakses pada 22 Februari 2021. 10 Incredible Health Benefits of Goat Penis for Men

Mathrubhumi. Diakses pada 22 Februari 2021. Animal genitals as food

Express. Diakses pada 22 Februari 2021. EXCLUSIVE: Eating PENIS and other revolting ‘bushtucker’ is GOOD for you, reveals expert

Antara News. Diakses pada 22 Februari 2021. Ahli: Torpedo-kambing tingkatkan gairah seksual adalah mitos

    register-docotr