Kamus Penyakit

Bagaimana Menangani Ambeien yang Tidak Tertahankan saat di Rumah? Gunakan Bahan Alami Ini

April 16, 2020 | Haekal | dr. Heru Tri Purwanto
feature image

Good Doctor – Pengobatan ambeien tidak harus selalu di pusat layanan kesehatan. Kamu pun bisa mengobatinya sendiri di rumah, asalkan dengan bahan yang tepat dan tetap memperhatikan kebersihan.

Apa itu ambeien?

Ambeien terjadi ketika pembuluh darah di bagian bawah dubur mengalami pembengkakan. Sumber foto: https://www.medicalnewstoday.com

Ambeien atau wasir (Hemoroid) adalah penyakit yang terjadi ketika pembuluh darah di bagian bawah dubur mengalami gangguan sirkulasi sehingga terjadi pembengkakan. 

Meregangnya dinding pembuluh darah akibat gangguan sirkulasi, memicu terjadinya benjolan yang disertai iritasi dan gejala ambeien yang membuat penderitanya tidak nyaman terutama ketika duduk.

Ambeien juga bisa disertai dengan perdarahan tanpa rasa sakit, gatal dan iritasi pada bagian dubur. Ambeien dapat terjadi baik di dalam dubur maupun di luar.

Kelompok rentan terkena ambeien

  1. Ibu hamil
Ibu hamil rentan mengalami ambeien. Sumber foto: https://www.forbes.com

Ibu hamil menjadi kelompok yang rentan mengalami ambeien karena rahim yang membesar. Rahim akan memberikan tekanan pada vena panggul dan vena kava inferior, yaitu vena besar di sisi kanan tubuh yang menerima darah dari tubuh bagian bawah.

Hal tersebut dapat memperlambat kembalinya darah dari bagian bawahtubuh. Hal ini akan mengakibatkan meningkatnya tekanan pada pembuluh darah di bawah rahim, termasuk di anus, sehingga pembuluh darah vena menjadi lebih lebar hingga akhirnya mengalami pembengkakan.

  1. Lansia
Lansia memiliki kemungkinan tinggi untuk terkena ambeien. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Angka kemungkinan seseorang terkena ambeien juga meningkat seiring dengan bertambahnya usia. 

  1. Penderita diare kronis, sembelit kronis 
Terlalu banyak duduk dapat memperbesar kemungkinan menderita ambeien. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Orang yang terlalu banyak duduk, mengangkat barang berat, dan obesitas merupakan faktor-faktor yang dapat menyebabkan seseorang menderita ambeien.

Meski demikian, ambeien memiliki angka kesembuhan yang tinggi dan dapat dicegah agar tidak semakin parah karena rasa sakitnya yang bertambah seiring berjalannya waktu.

Kapan ambien harus diambil tindakan medis?

Segera berkonsultasi kepada dokter apabila ambeien sudah sangat parah. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Pada titik tertentu ketika sudah sangat parah, ambeien harus disembuhkan dengan bantuan obat-obatan hingga kemungkinan dilakukan tindakan operasi dalam mengatasinya. 

Pada beberapa kasus ambeien yang benjolannya terdapat di dalam anus, penanganan non operasi berupa metode ligasi pita karet (rubber band ligation) dapat diterapkan untuk mengikat benjolan tersebut dan memotong aliran darah hingga benjolannya mengecil atau terlepas. 

Prosedur lainnya adalah skleroterapi, fotokoagulasi laser, dan elektrokoagulasi. Sementara itu, untuk membuang ambeien seutuhnya, prosedur operasi bernama hemoroidektomi dapat dilakukan.

Penanganan ambeien secara mandiri di rumah

Tidak harus selalu dibawa ke pusat layanan kesehatan, rasa sakit akibat ambeien dapat diredam dengan cara mengoleskan krim atau gel yang mengandung obat anti radang dan nyeri. Mengonsumsi obat nyeri seperti aspirin, ibuprofen, dan asetaminofen. 

Cara alami bahkan bisa diterapkan dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah.

  1. Kompres dengan air hangat
Mengompres bagian yang nyeri dengan air hangat untuk meredakan nyeri. Sumber foto: https://www.rd.com

Merendam bagian yang sakit dengan air hangat, mengompres dengan handuk basah.

  1. Berolahraga aerobik ringan 
Berjalan cepat selama 20-30 menit dapat mencegah rasa sakit ambeien. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Seperti jalan cepat selama 20-30 menit per hari dapat merangsang fungsi usus untuk mencegah rasa sakit akibat ambeien terus menyerang.

  1. Penuhi asupan serat
Konsumsi makanan berserat untuk mengurangi gejala ambeien. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Gejala ambeien juga dapat dibantu diredakan dengan menjaga asupan nutrisi. Salah satu nutrisi penting bagi penderita ambeien adalah serat. 

Serat bisa didapat dari makanan maupun suplemen atau bahkan mengombinasikan keduanya. Diet seperti minum 30–40 ml/kgBB/hari dan makanan tinggi serat 20-30 g/hari. 

Konsumsi makanan seperti brokoli, kacang-kacangan, gandum, serta buah-buahan segar merupakan sumber serat yang baik.

  1. Mengoleskan minyak kelapa
Minyak kelapa dapat mengurangi iritasi dan pembengkakan saat mengalami ambeien. Sumber foto: https://www.medicalnewstoday.com

Minyak kelapa adalah moisturizer alami yang bisa membantu meredakan gejala ambeien. Mengoleskan minyak kelapa dapat mengurangi iritasi dan pembengkakan sekaligus meredam hasrat untuk menggaruk bagian ambeien yang gatal.

  1. Lidah buaya
Kandungan lidah buaya dapat membantu meredakan rasa terbakar yang disebabkan ambeien. Sumber foto: https://www.medicalnewstoday.com

Sebuah riset yang dilakukan BioMed Research International, lidah buaya memiliki senyawa yang memiliki efek anti peradangan pada tubuh dan dapat membantu menyembuhkan luka. 

Ketika dioleskan ke bagian anus, lidah buaya dapat meredakan rasa terbakar, gatal, dan bengkak yang disebabkan oleh ambeien. Gunakan lidah buaya murni karena bahan pengawet dan bahan asing lainnya justru dapat membuat gejala ambeien semakin parah.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Atasi Wasir dengan Metode Pengikatan. Diakses pada 15 Desember 2019. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/read/detail/4526-atasi-wasir-dengan-metode-pengikatan.

What to know about hemorrhoids. Diakses pada 15 Desember 2019. MedicalNewsToday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/73938.php#treatment.

Hemorrhoids and what to do about them. Diakses pada 15 Desember 2019. Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/hemorrhoids_and_what_to_do_about_them.

Six home remedies for hemorrhoids. Diakses pada 15 Desember 2019. MedicalNewsToday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317114.php#Home-remedies.

    register-docotr