Kulit & Perawatan Tubuh

Jangan Dianggap Sepele, Begini Cara Menghilangkan Jerawat Batu

January 18, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Munculnya jerawat batu pada wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Jerawat batu memiliki bentuk lebih besar, berwarna merah dan terasa lebih sakit daripada jerawat biasa. Bagaimana cara menghilangkan jerawat batu? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu jerawat batu?

Jerawat batu juga sering disebut sebagai jerawat kistik. Jerawat ini mulai timbul ketika pori-pori di kulit tersumbat, biasanya dibarengi dengan sel kulit mati.

Jerawat batu terjadi ketika adanya infeksi di dalam kulit sehingga menimbulkan benjolan besar dan penuh dengan nanah. Ketika jerawat tersebut timbul, mungkin kamu akan merasakan sakit atau gatal.

Jika jerawat sampai pecah, sebaiknya kamu berhati-hati karena dapat terjadi infeksi dan bisa menyebar dengan cepat. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab timbulnya lebih banyak jerawat pada kulit.

Jerawat batu dapat bertahan selama bertahun-tahun jika tidak mendapatkan penanganan secara tepat.

Baca juga : 6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah: Atasi Jerawat hingga Penuaan Dini

Penyebab jerawat batu

Hingga saat ini tidak diketahui dengan pasti apa penyebab jerawat batu atau kistik. Salah satu yang berperan aktif menimbulkan jerawat jenis ini adalah hormon androgen. Ketika kamu memasuki usia remaja, kadar androgen akan naik dengan sendirinya.

Hal ini menyebabkan perubahan pada kulit yang dapat menyebabkan pori-pori dan jerawat tersumbat. Penyebab lain yang dapat menyebabkan jerawat yaitu siklus menstruasi, kehamilan, hingga obat-obatan tertentu.

Ciri-ciri jerawat batu

Dilansir mayoclinic.org, jerawat batu adalah satu satu jenis yang paling parah. Selain tampak seperti bisul karena bentuknya yang besar dan berwarna merah, berikut ini beberapa ciri lain dari jerawat batu:

jerawat di dagu
Ciri-ciri jerawat. Sumber gambar : https://media.newstracklive.com
  • Jerawat yang sudah matang dan ketika pecah akan keluar nanah
  • Berbentuk benjolan besar dan keras seperti batu
  • Jerawat batu biasanya akan timbul di area wajah
  • Mampu bertahan selama bertahun-tahun jika tidak segera diobati dengan baik.

Ketika memiliki beberapa ciri dan gejala seperti di atas, tak ada salahnya kamu konsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan secara tepat.

Hal tersebut sangat disarankan karena setelah pecah, jerawat jenis ini bisa memicu kulit menghasilkan sel pigmen baru. Akibatnya, kamu akan memiliki bekas luka pada wajah dan akan lebih lama hilang.

Cara menghilangkan jerawat batu

Dilansir medicalnewstoday.com, cara menghilangkan jerawat batu tergantung pada tingkat keparahannya. Perawatan jerawat kistik yang parah membutuhkan bantuan dokter spesialis dan beberapa tindakan perawatan kulit yang khusus.

Perawatan dengan obat menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah kista dan jaringan parut. Jika jerawat batu sudah semakin parah, ada baiknya kamu segera periksa ke dokter. Hal ini karena sebagian obat utama yang digunakan untuk jerawat kistik dikontrol dengan ketat.

Obat jerawat batu

1. Benzoil peroksida

Obat jerawat batu ini berguna bagi tingkat keparahan jerawat yang tinggi. Kamu juga bisa memakai benzoil sambil menunggu perawatan spesialis untuk mengatasi masalah jerawat.

Benzoil peroksida tersedia langsung dari apotek dalam sejumlah formulasi yang dapat diterapkan pada kulit. Cara kerja obat ini dengan membunuh bakteri, khususnya propionibacterium acnes (P. acnes).

2. Suntikan steroid

Berbeda dengan benzoil peroksida yang obatnya dapat kamu temukan di apotek langsung, perawatan dengan obat jerawat batu ini hanya dilakukan oleh dokter kulit.

Tidak bisa sembarang menggunakan obat ini karena penggunaannya dengan menyuntikan obat kortikosteroid jenis triamcinolone yang harus dilakukan oleh dokter.

Obat ini akan disuntikkan langsung pada jerawat yang sedang mengalami radang. Fungsi dari obat ini sendiri agar lebih cepat sembuh tanpa menimbulkan jaringan parut.

3. Pil KB

Pengobatan jerawat jangka panjang pada wanita bisa melibatkan pil KB, yang menekan produksi sebum. Apabila diperlukan, obat oral yang mengandung estrogen dan progesteron dapat digunakan selama 6 bulan atau lebih.

Obat yang disebut spironolactone juga dapat diresepkan dengan pil. Obat jenis ini adalah steroid sintetis yang menghambat androgen.

Cara alami menghilangkan jerawat batu

Ketika timbulnya jerawat batu mulai mengganggu penampilan, tentunya kamu ingin melakukan berbagai cara agar jerawat tersebut kempes. Berikut ini beberapa cara mengempeskan jerawat batu yang efektif dan aman.

1. Kompres es

Es merupakan cara efektif untuk mengurangi pembengkakan, gatal-gatal, nyeri dan kemerahan. Itu sebabnya mengompres bagian yang radang dengan es bisa menjadi cara alami untuk menghilangkan jerawat batu.

Caranya, kamu cukup mengompres bagian tersebut hingga rasa dingin yang dihasilkan es batu terasa tidak nyaman.

2. Kompres hangat

Selain itu kamu juga bisa melunakkan permukaan bintil jerawat dengan kompres hangat. Cara ini dapat membuat nanah muncul ke permukaan sehingga jerawat batu dapat lebih cepat sembuh.

Cara lain kamu juga bisa menggunakan beberapa salep atau krim yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur sperti yang sudah dijelaskan di atas.

3. Kunyit

Kunyit terkenal akan khasiatnya sebagai antiinflamasi dan antiseptik. Memakai masker kunyit merupakan salah satu cara mengempeskan jerawat batu yang bisa kamu coba.

Cara menggunakan bahan alami ini untuk menghilangkan jerawat batu cukup mudah, kamu cukup enambahkan sedikit air dengan bubuk kunyit dan buatlah hingga mengental laiknya adonan. Oleskan lalu diamkan selama 45 menit. Lakukan dua kali sehari.

4. Kurangi konsumsi produk olahan susu

Cara alami menghilangkan jerawat batu bisa dilakukan dari menjaga pola makan, lho! Situs kesehatan Healthline menyarankan kamu tahan dulu konsumsi produk olahan susu selama 3 minggu.

Itu berarti kamu harus pantang mengonsumsi susu, keju atau yoghurt dan lihat perkembangannya. Jika dalam waktu tersebut kamu tidak mengalami jerawat batu di dagu, pipi, atau wilayah lain, maka bisa dipastikan pemicunya selama ini adalah produk olahan susu.

Jerawat batu di pipi

Memang menjengkelkan ketika timbul jerawat pada pipi. Namun tanpa kamu sadari timbul jerawat batu di pipi juga disebabkan karena kamu kurang menjaga kebersihan.

Hal ini dapat terjadi akibat acne mechanica berkembang karena gesekan kulit. Contohnya terjadi menyebar saat menggunakan ponsel untuk menelepon atau pipi tergesek bantal saat tidur.

Perlu kamu tahu ponsel berpotensi memiliki jejak E. coli dan bakteri lainnya. Kapan pun kamu memegang ponsel di wajah, hal tersebut akan menyebarkan bakteri ke kulit dan berpotensi menyebabkan lebih banyak jerawat terutama saat hormon sedang berkembang.

Cara menghilangkan jerawat batu di pipi

Kebersihan bagian wajah pentng untuk dijaga. Jika kamu tidak rajin membersihkan wajah, hal itu akan menjadi penyebab timbulnya jerawat batu di pipi.

Rajinlah membersihkan muka dan usahakan menggunakan produk kecantikan yang mengandung retinoid. Retinoid memiliki sifat anti-aging, mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat, sekaligus mendukung obat antibiotik untuk dapat bekerja secara maksimal.

Hal ini dikarenakan retinoid memiliki cara kerja yang dapat mempercepat pembaruan sel-sel kulit.

Jerawat batu di hidung

Jerawat batu umumnya disebabkan oleh gangguan peradangan kelenjar lemak kulit. Namun kamu tak perlu khawatir banyak sekali cara menghilangkan jerawat batu di hidung dengan bahan alami.

cara menghilangkan jerawat batu di hidung

Beberapa contohnya seperti pepaya, tomat, jeruk nipis, kulit jeruk, dan lemon. Bila kamu ingin menghilangkan jerawat batu dengan lemon, berikut beberapa cara mudah yang bisa dilakukan di rumah:

  • Campurkan lemon dengan madu atau air mawar sebelum diaplikasikan ke wajah
  • Potong lemon menjadi dua bagian
  • Kemudian kamu peras sehingga air perasan lemon keluar, langsung tambahkan madu atau air mawar secukupnya
  • Gunakan kapas atau cotton buds untuk mengoleskannya di bagian yang berjerawat
  • Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.
  • Sebaiknya menggunakan lemon hanya untuk mencerahkan noda bekas jerawat batu. Bukan untuk mengeringkan jerawat batu yang meradang.

Jika kamu sudah melakukan deretan cara di atas namun jerawat batu malah menunjukkan hasil yang semakin memburuk, tak ada salahnya untuk segera konsultasikan ke dokter.

Jerawat batu di dagu

Seperti jerawat pada umumnya, jerawat batu juga bisa terjadi di dagu. Jerawat yang terjadi di area ini biasanya disebabkan oleh fluktuasi hormon yang terjadi di masa pubertas. Meskipun demikian, setiap orang pun bisa mengalami jerawat di area ini.

Perempuan biasanya lebih mudah terkena jerawat batu dagu ketimbang laki-laki. Hal ini disebabkan oleh perubahan level hormon yang terjadi karena menstruasi.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang jerawat batu dan bagaimana cara mengatasinya. Selalu jaga kebersihan wajah kamu dan waspada terhadap munculnya jerawat, ya!

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. mayoclinic.org (2020) diakses 8 Juni 2020. Cystic acne 
  2. medicalnewstoday.com (2017) diakses 8 Juni 2020. Everything you need to know about cystic acne
  3. webmd.com (2020) diakses 8 Juni 2020. Cystic acne
  4. healthline.com (2019) diakses 8 Juni 2020. What Is Cystic Acne and How Is It Treated? 
  5. Healthline, diakses 17 Januari 2021. Jawline Acne: Causes, Treatment, and More
  6. MedicalNewsToday, diakses 17 Januari 2021. Pimples on the chin: What it means and how to get rid of them
  7. Healthline, diakses 17 Januari 2021. Cystic Acne Home Remedies: 7 Treatments to Try
    Berita Terkait
    register-docotr