Info Sehat

Tak Cukup Hanya Disikat, Ini Manfaat Scaling untuk Kesehatan Gigi

March 28, 2021 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kamu tidak bisa mengandalkan sikat gigi sebagai satu-satunya cara untuk merawat kesehatan rongga mulut. Untuk itu, kamu perlu memahami apa itu scaling gigi dan seperti apa manfaatnya.

Scaling atau pembersihan karang gigi perlu dilakukan secara teratur. Jangan sampai menunggu adanya masalah di gigi dan gusi, baru kemudian melakukan prosedur ini.

Apa itu scaling gigi?

Scaling gigi adalah prosedur pembersihan plak serta karang yang menempel pada sela-sela gigi dan gusi.

Sebagian orang mungkin takut saat harus melakukan perawatan dengan dokter gigi. Termasuk bila harus melakukan scaling gigi. Namun kamu tidak perlu khawatir ya, karena perawatan ini aman dan tidak meninggalkan rasa sakit yang berlebih.

Baca juga : Sering Disepelekan, Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar

Apa saja manfaat scaling gigi ?

Bila kamu rutin melakukannya secara berkala, kamu akan merasakan manfaat scaling gigi seperti berikut:

1. Memiliki gigi yang lebih cerah

Manfaat scaling gigi yang akan kamu rasakan seketika setelah perawatan adalah tampilan gigi yang lebih cerah. Hal ini dikarenakan seluruh gigi sudah bersih dari plak kuning atau putih yang sebelumnya menempel. Tentunya kamu bisa mendapat senyum yang lebih berkilau!

2. Terhindar dari gigi berlubang

Menumpuknya plak atau karang gigi dapat menyebabkan gigi berlubang. Bila kamu rutin melakukan scaling gigi, kamu bisa terbebas dari masalah gigi berlubang. Kalau pun kamu memiliki gigi berlubang, dokter dapat mengidentifikasinya lebih cepat sehingga tidak bertambah parah.

3. Membantu menghilangkan bau mulut

Tahukah kamu kalau selain karena makanan, bau mulut juga dapat disebabkan oleh tumpukan karang gigi di dalam mulut? Nah satu-satunya cara menghilangkan karang gigi adalah dengan scaling. Setelah scaling, gigi akan menjadi sangat bersih sehingga dapat memberi efek napas yang segar.

4. Menjaga kesehatan gusi

Karang gigi yang menumpuk dapat menyebabkan bakteri bersarang di dalamnya. Hal ini juga menjadi penyebab utama infeksi dalam mulut. Bila kamu rutin melakukan scaling gigi, risiko terkena penyakit gusi pun akan berkurang.

5. Melindungi kesehatan tubuh secara keseluruhan

Faktanya, kamu bisa lho mengurangi risiko penyakit lain dengan menjaga kesehatan mulut. Sudah banyak penelitian yang membahas bahwa risiko penyakit jantung, demensia, beberapa jenis kanker hingga diabetes dapat ditekan hanya dengan membersihkan karang gigi dengan rutin.

Selain itu, manfaat scaling gigi lainnya yang tidak kalah penting adalah menghemat keuangan. Kok bisa?

Scaling gigi dengan rutin akan membuat kamu terhindar dari banyak penyakit. Karena bila sudah terkena gangguan kesehatan gigi, tidak sedikit biaya yang harus kamu keluarkan untuk melakukan perawatan. Ingatlah bahwa mencegah penyakit gigi jauh lebih murah daripada mengobatinya.

Bagaimana proses scaling gigi dilakukan?

manfaat scaling gigi
Dokter menggunakan ultrasonic scaler untuk mengikis karang gigi. (Foto: https://www.shutterstock.com/)

Umumnya proses scaling gigi akan meliputi hal-hal berikut: 

  • Pertama-tama dokter akan memeriksa kondisi gigi dan mulutmu sambil melihat lokasi plak yang ada di dalamnya. 
  • Selanjutnya dokter akan memberikan anestesi lokal untuk mengurangi rasa sakit yang mungkin muncul saat proses scaling gigi. Namun tidak semua pasien membutuhkan anestesi, pada sebagian orang scaling dapat dilakukan tanpa anestesi.
  • Kemudian dokter akan memulai proses scaling gigi.
  • Dokter juga akan menggunakan alat scaling manual yang memiliki ujung runcing untuk memastikan seluruh bagian gigi sudah bersih dari plak dan karang. 
  • Selama proses scaling, dokter akan memintamu berkumur secara berulang. Hal ini dilakukan untuk membuang karang gigi yang sudah terlepas. 
  • Setelah itu, dokter akan melakukan root planing. Proses ini dilakukan untuk menghaluskan akar gigi menggunakan alat scaling serta membantu gusi menempel kembali ke gigi. 
  • Terakhir, dokter dapat merekomendasikan perawatan tambahan tergantung pada kesehatan gigi serta gusi yang kamu miliki. Misalnya memberi resep antibiotik bila diperlukan. 

Perlu diingat, selama proses scaling kamu mungkin merasakan sedikit ngilu karena gesekan alat scaling dengan gigi. Cepat atau lambatnya proses scaling juga tergantung pada banyaknya karang yang menempel pada gigi. 

Baca juga :Yuk, Rawat Kesehatan Gigi dengan Beberapa Tips Berikut

Penanganan tambahan scaling gigi

Pada beberapa kasus, terutama untuk penyakit periodontal kronis, kamu membutuhkan lebih dari prosedur scaling gigi. Untuk itu, kamu pun perlu memahami apa itu prosedur perawatan akar gigi.

Kedua prosedur ini disebut juga dengan deep cleaning. Biasanya direkomendasikan oleh dokter untuk penyakit di gusi yang sudah kronis.

Di antaranya adalah gingivitis yang merupakan penyakit inflamasi di gusi. Jika tidak diatasi, gingivitis dapat berujung pada periodontitis yang merupakan penyakit serius yang membuat tulang yang menopang gigi menjadi hancur.

Kapan kamu butuh deep cleaning?

Ketika dokter menemukan adanya tanda penyakit periodontal, maka prosedur deep cleaning dibutuhkan. Prosedur ini bisa membantu kamu untuk mencegah efek berbahaya dari penyakit ini dan menjaga mulut tetap sehat.

Penyakit periodontal kronis terjadi saat bakteri menyebabkan gusi kamu menjauh dari gigi. Penyakit ini juga menyebabkan tumbuhnya kantung besar antara gigi dengan gusi. 

Sehingga akan ada lebih banyak bakteri yang tumbuh di sana yang tidak bisa kamu bersihkan dengan menyikatnya. Itu sebabnya sangat penting untuk menggunakan benang gigi untuk menjangkau wilayah yang tidak bisa dijangkau sikat gigi.

Jika dibiarkan, maka penyakit periodontal kronis dapat berujung pada:

  • Kerusakan tulang dan jaringan
  • Gigi tanggal
  • Gigi goyang

Setelah scaling gigi dilakukan, seperti apa prosedur deep cleaning itu? 

Setelah scaling dilakukan, selanjutnya dokter akan melakukan perawatan akar gigi. Akar gigi akan dihaluskan dengan alat scaling. Tujuannya supaya gusi kembali menempel dengan gigi.

Meskipun demikian, dokter bisa saja merekomendasikan perawatan tambahan, tergantung dari seberapa sehat gigi dan gusi kamu. Dokter mungkin akan menggunakan antimikroba di mulut atau meresepkan antibiotik untuk kamu konsumsi selama beberapa hari ke depan.

Dokter pun bisa saja menerapkan prosedur yang dinamakan host modulation. Kamu akan diberikan tambahan obat yang diberikan langsung ke gusi untuk mengurangi dampak buruk yang dihasilkan periodontitis jangka panjang yang kamu derita.

Untuk melakukannya, dokter biasanya menggunakan peralatan tradisional seperti scaler dan curette. Namun ada juga cara lain untuk scaling gigi ini, seperti menggunakan laser dan perangkat ultrasonik.

Perawatan setelah scaling gigi

Setelah melakukan pembersihan karang pada gigi dan gusi, kamu mungkin akan merasakan sakit selama satu atau dua hari. Kemudian sensitivitas gigi juga akan meningkat setidaknya untuk seminggu. Juga, bisa terjadi pembengkakan dan pendarahan pada gusi. 

Supaya tidak terkena infeksi dan merasakan sakit, biasanya dokter akan memberikan obat konsumsi atau obat kumur. Dokter juga mungkin menjadwalkan kamu untuk melakukan kontrol atau perawatan lebih lanjut bila diperlukan.

Untuk mengurangi pembentukan plak dan karang gigi yang berulang, perawatan gigi di rumah sangatlah penting. Kamu bisa memelihara kesehatan gigi dengan cara: 

  • Menyikat gigi dua kali sehari 
  • Makan makanan yang seimbang
  • Berhenti merokok
  • Melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter gigi setiap 6 bulan sekali

Nah sudah tahukan bagaimana manfaat scaling gigi? Jangan ragu atau takut melakukan perawatan yang satu ini ya supaya gigi dan gusimu selalu terjaga kebersihannya.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar scaling gigi? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr