Info Sehat

Bisa Tingkatkan Produktivitas! Juga 5 Alasan Lain Perusahaan Perlu Asuransikan Kesehatan Karyawannya

October 27, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Tunjangan kesehatan adalah salah satu faktor utama bagi banyak orang dalam memilih perusahaan untuk bekerja. Itulah mengapa sebagian orang lebih memilih mengembangkan karirnya di kantor yang menawarkan asuransi kesehatan.

Akan tetapi ada banyak perusahaan yang belum menawarkan produk ini kepada karyawannya. Padahal studi menyatakan pemberian asuransi kesehatan berbanding lurus dengan peningkatan produktivitas pekerja.

Baca juga: Virus Yezo Ditemukan di Jepang, Ini 5 Fakta Penting yang Harus Diketahui

Apa itu asuransi kesehatan?

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan jaminan kepada tertanggung untuk mengganti setiap biaya pengobatan yang meliputi biaya perawatan di rumah sakit, biaya pembedahan dan biaya obat-obatan.

Asuransi ini tidak bersifat seperti tabungan. Perusahaan asuransi akan mengganti sejumlah beban biaya kesehatan yang timbul berdasarkan proporsi yang telah ditetapkan sesuai dengan kesepakatan.

Studi tentang asuransi kesehatan dapat meningkatkan produktivitas pekerja

Sebuah penelitian membahas hubungan antara tawaran asuransi kesehatan yang diberikan pemberi kerja dengan produktivitas karyawan. Studi ini menggunakan data Census of Manufactures (CMF) yang berkaitan dengan komponen pengeluaran medis dari asuransi pada 1997 dan 2002.

Hasilnya diketahui bahwa penawaran produk tersebut memiliki hubungan positif dengan tingkat produktivitas tenaga kerja. Temuan ini berlaku untuk semua produsen serta mereka yang memiliki kurang dari 100 karyawan.

Dari sini juga diketahui bahwa asuransi kesehatan dapat meningkatkan produktivitas melalui beberapa cara. Salah satunya melalui peningkatan derajat kesehatan karyawan, dengan mengurangi potensi ketidakhadiran, perputaran, dan kompensasi pekerja.

Mengapa perusahaan perlu memberikan asuransi kesehatan kepada karyawan?

Tak hanya menjadi alat bantu untuk membuat tim tetap solid saat bekerja. Berikut adalah beberapa alasan mengapa memberikan asuransi kesehatan kepada karyawan akan bermanfaat bagi perusahaan.

1. Membantu menjaga pekerja tetap sehat

Studi oleh Metlife menyebutkan, 74 persen karyawan setuju bahwa memiliki manfaat asuransi membuat pikiran mereka lebih tenang selama bekerja.

Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa 60 persen pengusaha mengatakan, menawarkan asuransi kesehatan telah menyebabkan tingkat produktivitas yang lebih tinggi.

2. Meningkatkan reputasi perusahaan

Perusahaan dengan reputasi yang baik tidak hanya menarik karyawan terbaik, tetapi juga klien terbaik. Dan salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan menawarkan tunjangan kesehatan yang baik kepada pekerja.

Ya, pemberian tunjangan kesehatan akan menjadi nilai positif perusahaan yang dilihat oleh pihak luar. Ini menunjukkan bahwa perusahaan tidak hanya berorientasi bisnis tapi juga berdedikasi dalam menyejahterakan karyawannya.

3. Memudahkan perusahaan mengelola anggaran

Ketika karyawan izin tidak masuk karena sakit, hal itu secara tidak langsung akan berimbas kepada produktivitas dan kondisi keuangan perusahaan.

Asuransi kesehatan bisa menjadi alat bantu untuk mengantisipasi kerugian-kerugian yang disebabkan hal tersebut. Terutama jika disebabkan masalah kesehatan yang berpengaruh pada kinerja karyawan sehari-hari.

Ini karena beberapa komponen biaya dalam asuransi kesehatan turut memperhitungkan aspek perawatan pencegahan seperti pemeriksaan rutin kesehatan, dan sejenisnya.

4. Mendidik karyawan untuk lebih cermat mengelola gaji

Umumnya biaya premi asuransi kesehatan akan dikelola secara proposional oleh perusahaan dan karyawan. Artinya karyawan perlu menyisihkan sebagian pendapatannya untuk dibayarkan sebagai share biaya asuransi kesehatan.

Hal ini akan mendorong pekerja untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan mereka. Ini juga akan mengajarkan mereka untuk menyisihkan sebagian gajinya untuk kepentingan kesehatan.

5. Memperluas akses ke lebih banyak dokter dan rumah sakit

Jaringan asuransi perusahaan seringkali lebih besar daripada yang bisa dijangkau secara individu. Itu berarti ketika perusahaan menawarkan program asuransi kesehatan kepada karyawan, mereka memiliki lebih banyak pilihan untuk mengakses fasilitas kesehatan terbaik.

Dengan begitu peluang karyawan untuk memperoleh layanan medis dengan optimal pun akan semakin terbuka lebar. Diharapkan hal ini juga akan berdampak positif kepada kinerja perusahaan.

Baca juga: Jangan Dibuang! Ini 7 Tips Unik Mengolah Makanan Sisa agar Lebih Bermanfaat

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini ya.

Reference

Research Gate diakses pada 26 Oktober 2021

OJK diakses pada 26 Oktober 2021

Metlife diakses pada 26 Oktober 2021

Innovation Management diakses pada 26 Oktober 2021

Bni Life diakses pada 26 Oktober 2021

Talenta diakses pada 26 Oktober 2021

Amanco diakses pada 26 Oktober 2021

    register-docotr