Kehamilan

Benarkah Gentle Birth Dapat Mengurangi Rasa Sakit saat Persalinan?

October 20, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Menyambut kelahiran buah hati adalah momen yang paling dinantikan bagi para calon ibu. Namun, ini juga dapat membuat Moms khawatir mengenai proses kelahiran, terlebih lagi jika pernah mendengar cerita mengenai rasa sakit saat persalinan.

Dari sekian banyaknya metode, gentle birth dikatakan sebagai metode melahirkan yang bisa mengurangi rasa sakit saat persalinan. Lantas, benarkah demikian?

Mengenal lebih dalam gentle birth

Istilah gentle birth mengacu pada pengalaman yang aman dan positif selama proses persalinan. Metode ini bertujuan untuk membuat calon ibu sehat secara fisik dan tenang selama proses kelahiran.

Tak hanya itu, metode ini juga bertujuan untuk membuat calon ibu percaya diri, terkontrol secara emosional, serta mampu untuk memahami bagaimana mengelola tuntutan persalinan dan kelahiran.

Dilansir dari Smart Parenting, komponen terpenting dari gentle birth yakni pertama, bayi tidak boleh dipisahkan dari sang ibu, dan yang kedua adalah keinginan ibu harus selalu dihormati.

Perlu diketahui bahwa gentle birth tidak hanya dapat dilakukan untuk proses persalinan normal saja, tetapi juga untuk operasi caesar, ini dikenal dengan nama gentle c-section atau gentle cesarean.

Benarkah gentle birth bisa mengurangi rasa sakit saat persalinan?

Menjelang kelahiran calon buah hati, tak jarang kecemasan dan ketakutan bisa dirasakan oleh sang ibu, terutama jika ini merupakan kelahiran anak pertama.

Kecemasan yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil meliputi kesehatan janin, serta apakah bisa melahirkan normal atau harus melalui operasi caesar.

Tak hanya itu, kecemasan akan rasa sakit yang ditimbulkan oleh persalinan juga kerap menghantui calon ibu. Kecemasan terus-menerus ternyata dapat berdampak negatif bagi ibu dan calon buah hati lho. Sedangkan ketakutan dapat membuat proses persalinan lebih menyakitkan.

Dilansir dari ejournal.undip.ac.id, gentle birth bisa menurunkan kecemasan karena dapat merangsang hormon endorfin yang diproduksi oleh tubuh secara alami. Endorfin sendiri adalah penghilang rasa sakit yang juga dapat mengurangi stres.

Gentle birth merupakan metode persalinan yang tenang, lembut, santun, serta memanfaatkan semua unsur alami dalam tubuh manusia.

Ini merupakan metode yang memiliki manfaat bagi ibu hamil, sehingga ia bisa melahirkan dengan tenang, bebas dari ketakutan dan kecemasan. Oleh karena itu, gentle birth dapat mengurangi rasa sakit saat persalinan.  

Tips aman melakukan gentle birth

Ketika kamu sudah memilih metode melahirkan gentle birth ada beberapa persiapan yang harus kamu perhatikan, akan lebih baik jika persiapan ini dilakukan jauh-jauh hari.

Berikut adalah tips aman sekaligus persiapan melakukan gentle birth seperti yang telah dilansir dari Made for Mums.

1. Hindari stres

Bagi wanita karir sekaligus calon ibu, melepaskan pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah. Namun, terkadang beberapa pekerjaan memiliki tingkat tekanan yang lebih tinggi dibandingkan yang lain.

Pekerjaan yang menyebabkan stres dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon stres kortisol pada ibu. Nah, ketika kamu tengah mempersiapkan kelahiran, sebaiknya pantaulah semua perasaanmu dan lakukanlah hal yang ingin kamu lakukan.

Di tahap akhir dari kehamilan sangat disarankan untuk menghindari stres, hal ini berguna agar tubuh lebih rileks sehingga akan menghasilkan lebih banyak hormon yang bermanfaat, seperti relaxin, endorfin, dan hormon kehamilan bermanfaat lainnya.

2. Perhatikan asupan makanan

Kebiasaan makan selama kehamilan adalah kunci dari metode gentle birth. Tubuh harus diberi asupan makanan yang terbaik. Sebaiknya hindarilah untuk mengonsumsi gluten, karena ini tidak baik untuk jaringan dan dapat menyebabkan penyumbatan.

Selalu pastikan kamu mengonsumsi makanan bergizi seperti buah, sayuran, serta makanan yang mengandung kalsium.

3. Berpikirlah positif

Tips aman menjalani gentle birth juga tidak bisa dilepaskan dari perubahan sikap dan mental ke arah yang lebih positif. Ketika calon ibu mulai makan dengan benar serta menjadi rileks, ini akan membantunya lebih percaya diri dalam mempersiapkan kelahiran.

Nah, agar lebih rileks kamu juga dapat melakukan metode tertentu, seperti yoga dan melakukan beberapa latihan pernapasan.

Kamu juga harus fokus pada pikiranmu. Sebaiknya pikirkanlah apa yang ingin kamu lakukan, dibandingkan dengan mengkhawatirkan hal-hal yang kamu tidak inginkan terjadi. Kamu dapat membaca cerita mengenai kelahiran yang positif.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai gentle birth. Gentle birth memang dapat mengurangi rasa sakit sekaligus trauma.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah jika kamu memiliki komplikasi kehamilan, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter mengenai metode persalinan. Dokter akan menyarankan metode paling aman untuk melahirkan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Ejournal.undip.ac.id (2020). Diakses pada 19 Oktober 2020. Pengaruh Persiapan Gentle birth terhadap Derajat Kecemasan Ibu Hamil Pertama dalam Menghadapi Persalinan 

Made for Mums. Diakses pada 19 Oktober 2020. The Gentle birth Method 

Smart Parenting (2015). Diakses pada 19 Oktober 2020. Gentle birth: 12 Ways You Can Prepare For It

    Berita Terkait
    register-docotr