Kehamilan

6 Hal yang Harus Dilakukan Suami dalam Mendukung Program Kehamilan Istri

May 20, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Memiliki buah hati tentu saja impian bagi para pasangan yang menikah. Namun, ada beberapa pasangan yang juga tidak kunjung mendapatkan buah hati meskipun sudah menunggu. Program kehamilan pun menjadi pilihan untuk mendapatkan buah hati dengan cepat.

Namun yang penting untuk diketahui yakni bukan hanya istri saja yang harus berjuang mendapatkan momongan. Tetapi, suami pun turut berperan penting demi keberhasilan dalam program kehamilan.

Lalu, apa yang bisa dilakukan oleh suami dalam mendukung program kehamilan? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Sebelum Hamil, Moms Perlu Lakukan Deretan Medical Check Up Ini Terlebih Dahulu!

Peran suami dalam program kehamilan

Perlu diketahui bahwa ada beberapa macam metode program kehamilan yang bisa dilakukan, mulai dari cara alami hingga prosedur medis.

Memberikan dukungan kepada sang istri dalam menjalani program kehamilan adalah hal penting yang harus dilakukan oleh suami. Nah, berikut ini adalah beberapa peranan yang bisa dilakukan oleh suami dalam program kehamilan yang tengah dijalani istri.

1. Mengedukasi diri

Jika berbicara tentang program kehamilan, tentunya ini bukan hanya soal berhubungan seks yang dilakukan secara rutin. Tetapi, penting bagi suami untuk mengetahui juga masa subur wanita. Perlu diketahui bahwa masa subur adalah masa telah terjadinya ovulasi.

Waktu terbaik untuk hamil adalah saat paling subur dalam siklus menstuasi seorang wanita. Dua hari sebelum waktu ovulasi dan hari ovulasi memiliki peluang yang lebih besar bagi wanita untuk hamil. Berhubungan seks pada saat tersebut dapat meningkatkan peluang kehamilan.

2. Fokuskan pada area di mana kamu bisa membantu

Bagi sebagian pasangan, memusatkan perhatian pada area tertentu sebagai dukungan terhadap program kehamilan yang tengah dijalani juga dapat membantu. Misalnya saja, kamu bisa memusatkan perhatian pada kebugaran atau kesehatan fisik.

Hal tersebut dapat meliputi memerhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi serta kesehatan mental. Sebab kesehatan fisik yang baik juga turut berperan dalam kesuksesan program kehamilan.

3. Menjaga kesehatan tubuh

Kesehatan tubuh yang baik tentunya juga menjadi salah satu hal penting demi kesuksesan program kehamilan. Bukan hanya istri saja yang harus menjaga kesehatannya, tetapi suami pun juga harus menjaga kesehatannya.

Menjaga berat badan sehat, berolahraga secara teratur, hingga konsumsi makanan bergizi adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, penting juga untuk menghindari rokok dan konsumsi kafein secara berlebihan. Sebab, dua hal tersebut dapat memengaruhi sistem reproduksi pada pria.

Selain itu, suami juga harus berusaha sebisa mungkin menghindari dan mengatasi stres. Sebab, stres dapat memengaruhi kualitas sperma.

4. Selalu berfikir positif

Selalu berfikir positif meskipun beberapa hal sulit untuk dijalani juga penting untuk dilakukan, baik bagi seorang istri ataupun suami. Jadilah suami yang selalu memberikan support kepada sang istri.

Misalnya saja ketika perasaan sedih atau terpuruk dirasakan oleh istri karena tak kunjung mendapatkan momongan. Suami harus selalu berada untuk sang istri dan mengingatkan bahwa masih ada kesempatan untuk hamil.

Selalu membantu sang istri dan memberikan dukungan kepadanya juga dapat mempererat ikatan antara suami dan istri. Bukan hanya kesehatan fisik saja yang perlu diperhatikan, namun kesehatan mental pun tak kalah penting diperhatikan.

Baca juga: Jenis-jenis Program Kehamilan untuk Mengatasi Infertilitas, Apa Saja?

5. Mengikuti tes kesuburan

Demi kesuksesan program kehamilan yang dijalani, bukan hanya istri saja yang harus melakukan pemeriksaan kesuburan, melainkan suami juga perlu melakukan hal tersebut. Tes analisis kualitas dan kuantitas sperma adalah salah satu jenis pemeriksaan kesuburan yang dapat dilakukan oleh pria.

Akan tetapi, sebaiknya sebelum melakukan pemeriksaan kesuburan konsultasikan terlebih dahulu pada dokter, ya.

6. Menjadi pendengar yang baik

Ketika program kehamilan tengah dijalani atau program kehamilan berhasil dilakukan. Jadilah pendengar yang baik bagi istri. Ingatlah bahwa istri merasakan apa yang mungkin tidak dirasakan oleh suami.

Selain itu, sebaiknya berusahalah untuk tetap tenang dalam menghadapi segala sesuatu, misalnya saja jangan terlalu memberi tekanan pada sang istri untuk segera hamil. Sebab, kehamilan merupakan suatu proses.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai peran suami terhadap program kehamilan. Ingat, selalu memberikan support terbaik kepada sang istri merupakan faktor penting demi kelancaran dan kesuksesan program kehamilan yang tengah dijalani.

Jika memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar program kehamilan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctordi sini!

Reference

Centers for Disease Control and Prevention (2020). Diakses pada 19 Mei 2021. Planning for Pregnancy 

Healthline (2018). Diakses pada 19 Mei 2021. Babymaking 101: Ways to Get Pregnant Faster 

Klikdokter (2018). Diakses pada 19 Mei 2021. 5 Peran Suami dalam Program Hamil Istri 

The Good Men Project (2014). Diakses pada 19 Mei 2021. It Takes Two: How to Support Your Wife When Trying to Conceive 

    register-docotr